Saturday, January 16, 2016

Cara cepat belajar edit video



Apabila anda adalah seseorang yang ingin belajar mengedit video/film, atau anda ingin menjadi seorang editor tanpa harus kuliah/kursus atau mengikuti pelatihan yang membutuhkan biaya, disini saya akan memberikan tips yang bisa anda ikuti untuk bisa belajar dengan cepat untuk bisa mengedit video.

Kuasai shortcut


Shortcut adalah cara pintas untuk melakukan sesuatu. Misalnya anda ingin mengganti tool, anda cukup menekan salah satu huruf yang ada di keyboard tanpa harus mencari di menu atau tool pallet. Seorang editor yang profesional, mereka selalu menyesuaikan/ meng-custom shortcut dengan mengganti sesuai keinginannya, seberapa sering dia menggunakan tool itu dan kebanyakan disesuaikan dengan shortcut yang juga dipakai untuk software lain.


Pilih software yang disukai
Ada puluhan bahkan ratusan software edit video. Tergantung kebutuhan anda, apakah anda seorang pemula, menengah, professional atau tingkat lebih lanjut.

baca juga :

4 Software editing untuk pemula dan gratis
Software editing untuk kelas menengah 
Software editing professional yang umum digunakan oleh stasiun TV dan Studio editing

Setiap software mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing, tetapi kembali kepada kebutuhan dan ke-user friendly-an anda terhadap software tersebut. dengan anda memilih software yang disukai maka anda bisa mudah memahami seluk beluk software seperti misalnya tempat chace file, custom workspace, custom shortcut, sifat-sifat software dan lain-lain.


Pahami format dan codec
Ini adalah dasar pengetahuan yang harus dipahami. Ketika anda mengedit sebuah project, anda harus tahu apa format materi yang akan anda edit dan apa format hasil akhir yang akan diberikan kepada client/ stasiun tv. Hal ini untuk mempersingkat waktu dan menghindari menumpuknya materi dalam hardisk. Karena setiap stasiun TV membutuhkan format yang berbeda untuk pemutaran on air-nya. Secara garis besar "format" adalah jenis video [mov, avi, mts, m2t, mpg, mp4 dan lain-lain]. Sedangkan codec disebut juga compressor yang merupakan mesin pemutar dari video tersebut  [Apple prores, animation, xdcam, dv pal, mpeg imx, h264 dan lain-lain]. Codec bisa mempengaruhi ukuran/size sebuah file. Pelajari lebih lengkap tentang codec dan format disini.

Banyak nonton tutorial
Sekarang ini banyak editor ataupun pelatih yang share cara-cara mengedit di youtube. Anda bisa dengan gratis melihat dan mendapatkan ilmu tentang mengedit. Harus dipaami bahwa, setiap orang mempunyai cara masing-masing, baik dari segi feeling atau tekhnis, maka anda harus menyesuaikan dengan cara anda.

Menonton film
Menonton film juga bisa mendukung perbendaharaan tentang singkup dan efek. Caranya, tontonlah film yang sudah anda tonton sebelumnya. Apabila selama ini anda menonton film terbawa dengan alur cerita, dengan cara ini, anda tidak fokus memahami cerita, tapi lebih fokus mempelajari dan memikirkan bagaimana cara membuat efek atau membuat singkup tertentu yang ada di film. Mulailah berfikir "bagaimana dia membuatnya?".

Menjadi asisten/magang
Ini adalah cara yang paling efektif untuk bisa belajar mengedit. Magang atau menjadi asisten, selain bisa belajar, anda bahkan mungkin mendapat uang walaupun tidak seberapa. Tetapi jangan memikirkan uang terlebih dahulu. Disini anda orientasinya bukan bekerja melainkan untuk belajar. Apabila anda memikirkan uang, saya jamin anda akan selamanya bodoh, karena merasa dengan cara aja ini sudah mendapat uang. Fokus belajar, turuti permintaan editor, jangan menyangkal atau melawan kalau disuruh, karena editor memberikan anda ilmu yang bisa anda pakai. Kalau bisa jangan cuma menjadi asisten satu editor, cari editor lain. Karena biasanya ilmu yang anda dapat akan berbeda, anda tinggal menyesuaikan dan memilih cara anda sendiri, mana yang lebih baik.

Bertahap dan menambah tanggung jawab
Tanggung jawab sebagai asisten editor sudah saya bahas disini. Selanjutnya untuk mempercepat belajar mengedit anda harus bertahap. Artinya, anda harus mempelajarinya dari awal, karena kalau tidak anda akan kebingungan jika menemui permasalahan yang anda tidak tahu sebelumnya. selanjutnya menambah tanggung jawab. Apabila anda adalah seorang asisten yang hanya disuruh roughcut, mulailah dengan meminta ijin kepada editor anda untuk menambah tanggung jawab anda. Seperti misalnya anda mulai menentukan pilihan shoot yang bagus, memberikan efek, menamambah musik atau yang lain. Editor anda tidak akan keberatan, bahkan lebih suka, asalkan anda mem-back up sequence-nya terlebih dahulu, karena apabila editor tidak suka dengan yang anda kerjakan, dia bisa membongkar ulang.

Jangan malas untuk belajar, jangan memikirkan imbalan, tapi pikirkanlah bekal ilmu yang bisa anda dapatkan untuk menghasilkan uang dan pekerjaan.

4 komentar:

  1. menonton tv yang sudah di tonton sebelumnya dan melihat efek-efek apa saja yang digunakan akan membuat kita semakin mahir dalam mengedit video.

    ReplyDelete
  2. Makasih gan. Ini blog sangat informatif gan. bagus dan mendidik. coba gan main ke http://lepkom.gunadarma.ac.id/ buat info lebih banyak.

    ReplyDelete