Wednesday, January 20, 2016

Tips mempercantik video wedding / pernikahan


Setelah sebelumnya saya jelaskan tentang Langkah-langkah dan cara mengeditvideo wedding / pernikahan, kali ini saya akan memberikan tips untuk memperindah atau mempercantik video wedding/pernikahan yang anda kerjakan. Agar video anda menjadi menarik dibutuhkan feel khusus atau mood editor dalam mengerjakan video wedding. Dibawah ini beberapa tips untuk gambaran aja, pemakaian dan penggunaannya silakan diekspresikan sendiri sesuai selera masing-masing.

Gunakan vintage tittle style

Vintage tittle style menjadikan video anda terkesan elegant. Karena kebanyakan video yang saya temui menggunakan font yang dibold dan menggunakan style yang berlebihan [bevel/embos, stroke dll] yang dicampur-campur dengan warna yang mentereng. Anda bisa download [maaf ini bukan situs download] atau agar lebih exlusive anda bisa membuat sendiri dengan meliat contoh yang sudah ada dan bisa anda modif.

Transisi yang soft

Banyak editor khususnya pemula sering menggunakan transisi aneh-aneh yang menurut saya itu terkesan norak, seperti cube, kotak-kotak, melayang-layang dan lain-lain. Menurut saya itu adalah transisi untuk video presentasi seperti yang digunakan pada power point. Karena ini video pernikahan, gunakanlah transisi yang soft, seperti dissolve dan fade/dip to black/white.

Gunakan Floral/ Sulur/ Fluorish loop overlay

Di situs seperti youtube banyak yang share Fluorish loop overlay yang bisa anda download dan pakai. [baca juga : Bolehkah menggunakan video dari youtube untuk di uploadulang?]. Tapi kalau anda lebih suka berkreasi, silakan membuat sendiri, caranya disini. Penggunaan Fluorish disesuaikan dengan keadaan tertentu saja, jangan semua.

Gunakan film burn dan bokeh

Sama halnya dengan fluorish loop, film burn dan bokeh digunakan pada saat-saat tertentu, atau pada waktu opening dan wedding clip. Cara pembuatannya terhitung agak ribet, biar lebih cepet saya sarankan download saja. [baca juga Cara menggunakan fluorish, film burn dan bokeh untuk video wedding].

Grading color

Warna dari kamera memang sudah cukup bagus, apalagi kalau kameranya sudah di setting sedemikian rupa sehingga menghasilkan gambar yang cling. Tetapi bagi editor, gambar dari kamera merupakan gambar mentah yang harus di grading, disesuaikan dengan suasana/mood. Untuk grading color video wedding lebih gampang dengan menggunakan plug-in dan preset. Plug-in yang sering dipakai adalah magic bullet look dan lumetri.

Pengulangan dan Kombinasi warna

Apabila moment yang dramatis terasa terlalu cepat atau terkesan biasa-biasa aja, anda bisa mengulang moment dramatis itu [misalnya ijab qobul] dan bisa ditambahkan efek black&white. Tentunya juga harus disesuaikan dengan mood dan jalannya acara.

Kombinasi backsound

Backsound di video wedding memang kebanyakan bernuansa cinta. Namun akan lebih greget lagi bila di kombinasi dengan tema lain, seperti bertema do'a dan harapan, nuansa syukur atau bisa juga nuansa kekaguman yang lain. Selain tema lagu, nada bisa mengkombinasikan musik lain, seperti lagu Indonesia-barat, Musik slow-ceria, Musik instrument-vocal, musik daerah dan musik yang bernuansa keagamaan, Agar flow/jalannya acara tidak terkesan monoton.



Selain contoh diatas, anda bebas bereksperimen dengan efek yang lain sesuai mood anda. Tentunya dengan banyak menonton video-video bertema lain yang bisa disesuaikan dengan video wedding.

2 komentar: