Sunday, January 10, 2016

Memilih bekerja sebagai editor


Film dan video editor mengedit untuk acara televisi, film, dan video musik. Menurut Biro Statistik Tenaga Kerja, penggunaan film digital telah mengubah karya editor menjadi sangat berkembang dan variatif. Hari ini, hampir semua pekerjaan editing dilakukan pada komputer dan editor sering dilatih dalam jenis tertentu untuk software editing. Selain keterampilan editing, film dan video editor saat ini memiliki pengalaman dalam efek suara, visual efek, dan animasi.


Di Indonesia, telah banyak studio editing atau home editing yang hanya menggunakan komputer dengan spesifikasi tertentu [bahkan] standard untuk mengedit sebuah video. Karena mesin editing manual sudah ditinggalkan.

Apa kerjanya seorang editor film dan video

Film dan video editor memandu laju dan menceritakan sebuah cerita, biarpun didalam naskah dan di lapangan [waktu shooting] alur cerita sudah dibuat dengan cukup jelas. Mereka memilih yang terbaik dalam mengambil adegan dan singkup adegan. Mereka bersama menciptakan potongan adegan yang paling menghibur atau paling tepat. Mereka menggunakan berbagai software editing untuk melakukan kerjanya. Beberapa jenis umum dari perangkat lunak yang digunakan dalam industri film dan video editing adalah Avid Media Composer, Final Cut Pro, Adobe Premiere Pro dan Adobe After Effects. Dan dewasa ini telah banyak yang menggunakan software selain dari beberapa software diatas, misalnya autodesk smoke, nuke studio dan software sejenis yang bisa lebih mengeksplor kemampuannya untuk compositing.

Film dan video editor dapat bekerja di studio film, studio editing, studio pasca produksi, siaran radio dan televisi, iklan dan lembaga sosial masyarakat, perusahaan web, teknologi mobile, studio game, dan studio animasi. Namun, menurut Biro Statistik Tenaga Kerja, film dan video editor (sekitar 47 persen) bekerja terutama di industri film dan video. Sekitar 24 persen wiraswasta.


Gaji editor film dan video

Biro Statistik Tenaga Kerja melaporkan bahwa upah tahunan rata-rata untuk film dan video editor adalah $ 51.300. 10 persen terendah yang diterima kurang dari $ 25.660, dan 10 persen yang diterima lebih dari $ 119.250. Gaji mungkin lebih tinggi atau lebih rendah tergantung pada segala sesuatu dari pengalaman dan industri untuk pendidikan dan lokasi geografis. Sebagai contoh, California berbasis film dan video editor rata-rata sekitar $ 92.840 per-tahun, merupakan gaji rata-rata tertinggi di industri, sementara editor di Florida rata-rata $ 34.540 per tahun yang merupakan salah satu gaji terendah.

Selanjutnya, pada gaji rata-rata $ 83.650 per tahun, industri jasa ketenagakerjaan menawarkan gaji rata-rata tertinggi untuk film dan video editor, diikuti oleh film dan video yang industri di $ 76.230 per tahun, seniman independen, penulis, dan artis ($ 74.350), desain sistem komputer dan layanan terkait ($ 70.230), dan iklan, public relations, dan jasa terkait ($ 65.460).

Menjadi editor film dan video

Sebuah gelar sarjana dalam film, broadcast atau multimedia adalah persyaratan minimum untuk menjadi editor film dan video dalam industri film dan video. Jika Anda tertarik untuk bekerja di sebuah studio animasi, Anda akan perlu gelar sarjana dalam animasi atau film dan video dengan fokus animasi. Kebanyakan pengusaha lebih memilih gelar sarjana dari perguruan tinggi, universitas, atau seni dan desain sekolah yang terakreditasi.

Posisi entry level hanya mungkin memerlukan pengalaman magang atau pengalaman dalam posisi support [data loader], sementara posisi maju akan memerlukan minimal dua tahun pengalaman profesional [sebagai asisten]. Hal ini penting untuk diingat bahwa studio besar yang bekerja pada produksi skala besar mungkin memerlukan gelar yang lebih tinggi dan pengalaman lebih dari lima tahun di industri.

Untuk yang tidak berpendidikan dibidang tersebut, memerlukan pengalaman mengedit beberapa jenis video dan dipandu oleh ahli. Mereka biasanya bekerja sebagai wiraswasta dan untuk production house yang levelnya masih kelas menengah. Untuk bekerja di industri, harus punya referensi dari ahli yang pernah bekerja sama dengannya.

Tren pekerjaan untuk film dan video editor

Biro Statistik Tenaga Kerja melaporkan bahwa kerja film dan video editor diharapkan tumbuh satu persen untuk satu dekade. Hal ini lebih lambat dari rata-rata untuk semua pekerjaan. Untungnya, ada cara untuk meningkatkan kesempatan Anda mendarat posisi di industri. Menurut Biro, meskipun persaingan yang kuat, "lowongan pekerjaan diproyeksikan berada di hiburan seperti New York dan Los Angeles karena pekerjaan editing khusus yang dibutuhkan di sana. Mereka memilih yang lebih berpengalaman di sebuah stasiun TV atau pada set film harus memiliki prospek terbaik. "

Sedangkan di Indonesia, [setidaknya] menjadi karyawan yang berseragam stasiun TV merupakan suatu kebanggaan tersendiri, meskipun bukan di dalam posisi editor atau posisi yang penting.

Bagi anda yang ingin memulai bekerja atau belajar sebagai video editor, mulailah dengan niat, belajar dengan "tekun" dan praktek mengedit beberapa jenis tema video.  Baca juga : Enaknya menjadi editor video

1 komentar:

  1. Columbia Titanium Boots - Titsaniumarts.com
    This ruggedized titanium boiling point style boot offers a unique feel of titanium strength quality and comfort with classic design and micro touch titanium trim is compatible with titanium quartz meaning many devices including smartphones,  Rating: 4 · ‎3 reviews titanium rod in femur complications · ‎$21.99

    ReplyDelete